RINGAKSAN MATERI IMK. - POJOK PROGRAM

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday 8 August 2012

RINGAKSAN MATERI IMK.


RINGKASAN MATERI IMK SEMESTER 2

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
       System input output manusaia
1.      Penglihatan
2.      Pendengaran
3.      Sentuahan
Pengliahatan :
Luminanace---label seri,, satuan dari pantulan cahaya
Contrast---perbedaan warna
Brightens---- pencahayaaa,….redup dan terangya suat tampilan.
Medan menglihatan.
Warna.
Visual angle sudut yang berhadapan oleh subject pada mata visal activity sudut penglihatan minimum.
Fekkuensi pandangan manusia 20hz-20kh
Tingkat kebiasaan =setandar 20-70b

Menyimpan suatu informasi dalam waktu yang sangat singkat (a way tenths of a second)
Konik- vidual
Echlok-soun/voice
Hatic-touch
Menahan infrmasi secara terbatas untuk suwaktu periode waktu pendek ( few scend)
Pengamabilan informasi secara sementara
Memori ini diperlukan untuk menyimpan informasi
Dalam jangka waktu lama.
Experience knowledge.
Prodesure roule.
From behavlous.

KOMPONEN
dan
PRINSIP RANCANGAN
INTERFACE





Komponen


         Human
         Computer
         Interaction









Manusia
 

Antarmuka pemakai
 

System komputer
 
 






Komponen



         Antarmuka komputer harus user friendly (ramah dengan pengguna) yaitu :
            - antarmuka yg bagus
            - mudah dioperasikan
            - mudah dipelajari
            - pengguna merasa senang menggunakan software tsb.
         Antarmuka yang berkualitas tinggi yg dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.


         Suatu antarmuka/interface yang dibuat seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau didengar, tetapi juga mencakup konsep,kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.
BIDANG LMU
         Teknik Elektronika/ Ilmu Komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem IMK
         Psikologi
   memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
         Perancangan Grafis dan tipografi
   sebuah gambar dpt bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dpt digunakan sbg  sarana yg cukup efektif utk dialog antara manusia dan komputer
         Ergonomik
   aspek fisik utk mendapatkan lingkungan kerja yg nyaman. Misal: bentuk keyboard, mouse, posisi duduk,dll
         Antropologi
   untuk memahami cara kerja berkelompok yg masing-masing anggota bekerja sesuai dgn bidangnya.
         Linguistik
   untuk melakukan dialog diperlukan komunikasi yg memadai menggunakan bahasa khusus; spt: bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah.
         Sosiologi
   studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena otomasi kantor.
PRINSIP UTAMA
         User Compability
   Interface seolah olah kenal atas sifat dan karakter user. DILARANG KERAS developer oriented
         Product Compability
   dapat menghasilkan sesuai dengan yang diharapkan atau sesuai sistem manual yang pernah berjalan
         Task Compability
   User diahadapkan pada pilihan yang mudah dan proses berpikir user dipindahkan ke dalam interface
         Work Flow Compability
   User tidak boleh dibuat bingung atas urutan serta runtutan pekerjaan yang tidak benar
         Consistency
   Tidak diperkenankan terlalu”kreatif” atas elemen-elemen interface yang diterapkan
         Familiarity
   Manusia mudah mengingat atas apa yang sering dilihatnya. Gunakan elemen seperti icon yang sudah familiar
         Simplicity
   User lebih suka iterface yang sederhana tidak berbelit belit namun berbobot
         Direct Manipulation
   User mempunyai rasa bosan, maka berharap ada media/tools yang dapat melakukan perubahan pada interface
         Control
   User mempunyai tingkat konsentrasi berubah-ubah. Berikan pengendali atas kejadian tersebut
         WYSISWYG
   User memperoleh informasi sesuai yang dilihat dilayar monitor
         Flexibility
   adanya solusi lain dalam penyelesaian task, seperti hotkey.
         Responsive
   Reaksi tanggap cepat atas data inputan yang diberikan oleh user
         Invisible Technology
   Mempunyai kelebihan fitur lain yang berhubungan atau tidak berhubungan dengan fungsi
         Robustness
   Suasana bersahabat diciptakan dengan pesan-pesan yang baik.
         Protection
   Berikan fitur kenyamanan atas kesalahan yang dilakukan oleh user. Seperti fitur recovery data
         Easy of Learn Easy of Use
   User akan senang jika interface mudah dipelajari serta cepat digunakan

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot