ujan ahir sekolah AOK - POJOK PROGRAM

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday 12 September 2013

ujan ahir sekolah AOK


UAS TEORI AOK


1.  Jelaskan Contoh Eksekusi Dibawah ini :
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidVE20frlGdmjG_nCU1dyBO6JEnOGThyUYCvru9bawTH2Bc8wSb96gKQdFyB9Foy7Ph0ZRiQ7T6c6YDGrepu8PBDpzt9jCn-PkxaTMUUO6P8bgrWQubpSbOoAYd4WFBc-eqQFVw48lX8I/s1600/Eksekusi+Program.jpg
Step 1 : Mengambil (fetch) instruksi ADD
Step 2 : Membaca isi lokasi memori A ke dalam prosessor
Step 3 : Membaca  isi lokasi memori B ke dalam prosessor
Step 4 :  agar isi A tidak hilang prosessor harus memiliki  sedikitnya dua buah register untuk menyimpan nilai-nilai memori dibanding akumulator tunggal
Step 5 : Menambahkan kedua nilai-nilainya
Step 6 : Menuliskan hasilnya dari prosessor ke lokasi memori A

2.  Perbedaan Cloud Computing Dengan Traditional Hosting
Cloud Computing
Cloud Computing adalah suatu pergeseran dari perusahaan dalam membeli dan memelihara server dan aplikasi on-premise yang mahal, dan bergerak menuju metode penyewaan IT, sesuai dengan kebutuhan, dari penyedia layanan public cloud.
Tentu kita semua adalah para pemakai listrik dalam kehidupan sehari-hari. Untuk bisa menikmati listrik, kita tidak perlu mendirikan infrastruktur pembangkit listrik sendiri kan? yang perlu kita lakukan adalah mendaftar ke PLN, dan kita tinggal bayar biaya listrik berdasarkan jumlah penggunaan kita tiap bulan. Saat kita butuh daya tambahan karena suatu tujuan khusus (misal-nya kita ada acara nikahan), kita tinggal bilang ke PLN untuk tambah daya, dan suatu saat nanti ketika ingin turun daya lagi, kita tinggal bilang juga ke PLN. Bisa dikatakan penambahan daya listrik ini sifat-nya ELASTIS dan (harus-nya) bisa dilakukan segera.
Ketika memakai layanan listrik dari PLN, kita tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana PLN memenuhi kebutuhan listrik kita, bagaimana ketika mereka ada kerusakan alat, bagaimana proses perawatan alat-alat tersebut, dsb. Inti-nya kita cukup tahu bahwa kita bisa menikmati listrik dan berkewajiban membayar biaya tersebut tiap bulan, sedangkan PLN sendiri berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan kita berdasarkan level layanan mereka.
Nah, analogi PLN diatas, adalah sedikit gambaran Cloud Computing, dimana Cloud Computing ini bertugas untuk memberikan layanan dan kita adalah user/pemakai dari layanan tersebut. Kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana mereka (penyedia layanananCloud Computing) menyedikan layanan tersebut, yang penting mereka bisa memberikan standar layanan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Untuk biaya layanan kita tinggal bayar berdasarkan pemakaian. Saat kita butuh tambahan layanan, kita bisa meminta segera penambahan layanan tersebut, dan juga sebalik-nya (ELASTIS).
Traditional Hosting
Merupakan layanan hosting yang digunakan bersama-sama oleh pengguna lainnya. Para pengguna layanan ini menggunakan sumber daya baik software maupun hardware atau IP Address secara bersama-sama. Hosting seperti ini dipengaruhi oleh setiap proses yang dilakukan oleh pengguna, jika ada pengguna hosting yang melakukan proses yang berlebihan dan membebani server, maka pengguna lainnya akan terkena imbasnya, seperti server menjadi lambat bahkan ada kemungkinan website menjadi tidak bisa diakses.
Sebagai contoh jika server shared hosting terkena hack, atau hardware failure maka seluruh pengguna shared hosting akan terkena dampaknya seperti website tidak bisa diakses. Pemilik server tentunya akan melakukan pemantauan secara bertahap dan rutin terhadap proses yang terjadi didalam server, biasanya admin akan melakukan suspend account terhadap pengguna yang melakukan pelanggaran atau mengganggu terhadap kinerja server.
Kekurangan dari shared hosting ini, pengguna tidak bisa leluasa dalam menggunakan sumber daya server, atau menggunakan software sesuai dengan kebutuhan karena hak penuh terhadap administrasi server dipegang sepenuhnya oleh admin.

3. Pendapat saya tentang Cloud Computing
Menurut Pendapat saya Cloud Computing adalah suatu media yang disediakan oleh vendor untuk memberikan kebebasan kepada kita sebagai user untuk menggunakan baik itu untuk download / upload sesuai dengan keinginan kita sebatas space yang diberikan oleh vendor kepada kita yang disesuaikan dengan kemampuan kita dalam membayarnya.Karena dengan cloud computing kita akan mendapatkan beberapa keuntungan-keuntungan diantaranya :
Mengurangi biaya. Jika anda menggunakan cloud computing, anda tidak perlu membeli dan mendownload program, karena semua informasi yang anda butuhkan dapat disimpan di cloud. Dalam kasus tertentu, anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk software dan kapasitas penyimpanan yang anda butuhkan.
Update. Dari waktu ke waktu, hardware dan software pasti akan butuh update. Dengan cloud, semua software akan ter – update secara otomatis. Hal ini akan mengurangi biaya dan juga waktu tentunya.
Bekerja dari mana saja. Anda dapat bekerja dari mana saja, selama anda bisa mengakses cloud. Anda tidak usah membawa – bawa banyak harddisk dan sejenisnya, cukup mengaksesnya lewat cloud.
Instalasi yang mudah. Proses instalasi cloud cukup mudah.
Waktu respon yang lebih cepat. Dengan mengakses via cloud akan lebih cepat untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan.
Kecemasan ketika bencana alam. Ketika ada bencana alam, atau listrik mati, umumnya data bisa hilang ketika belum disave. Dengan cloud, semuanya akan disave, sehingga hal ini dapat dihindari.
4. Aplikasi Berbasis Cloud Computing
Salah satu jenis aplikasi Cloud Computing kategori SaaS (Software-as-a-Service) yang berkembang sangat pesat dan banyak digunakan oleh masyarakat adalah aplikasi perkantoran. Di Indonesia, aplikasi perkantoran berbasis Cloud Computing belum banyak digunakan secara luas di masyarakat. Hal ini salah satunya disebabkan oleh masih minimnya informasi dan resource mengenai pemanfaatan aplikasi perkantoran berbasis Cloud Computing.
Seiring dengan semakin luasnya perkembangan infrastruktur dan jangkauan jaringan internet di Indonesia, saat ini beberapa lembaga atau organisasi mulai membiasakan penggunaan aplikasi perkantoran seperti word processorspreadsheet atau CRM berbasis Cloud Computing. Sebagian besar pengguna yang memilih aplikasi berbasis cloud computingdisebabkan karena alasan berikut :
  1. Terbebas dari CAPEX (Capital Expense) untuk pengadaan lisensi software
  2. Mengalihkan biaya CAPEX (Capital Expense) menjadi OPEX (Operational Expense)dengan cukup mengeluarkan biaya langganan tiap bulan (jika memilih aplikasi yang berbayar).
  3. Adanya manajemen update yang lebih teratur dan otomatis
  4. Memudahkan kolaborasi kerja dengan banyak pengguna
  5. Dimungkinkannya akses dokumen kapan pun dan dimanapun
Pada saat kita mulai beralih ke aplikasi perkantoran berbasis Cloud Computing, maka secara garis besar kita seakan-akan memindahkan pekerjaan-pekerjaan yang tekait dengan instalasi, pemeliharaan, update versi dan patch kepada pihak luar. Di sisi lain, dengan kelebihan yang ditawarkan, beberapa pihak masih menemukan beberapa kelemahan dari software berbasis cloud, diantaranya :
  1. Kekhawatiran penyalahgunaan data oleh penyedia layanan ataupun pihak luar
  2. Kemungkinan tidak berfungsinya (down) server penyedia layanan.
Untuk permasalahan terkait dengan penyalahgunaan data oleh pihak luar, sebagian besar penyedia layanan berhasil menjalankan perannya dengan baik dan dapat diandalkan. Selain dengan optimalisasi keamanan secara internal dalam aplikasi, saat ini penyedia aplikasi sudah mengantisipasi dengan adanya berbagai metode, seperti Attack Surface Analysis,Intrusion Prevention atau Intrusion Detection System, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya serangan. Sedangkan terkait dengan kekhawatiran penyalahgunaan data oleh penyedia layanan, pengguna perlu memastikan dengan baik bahwa pihak penyedia aplikasi sudah menerapkan sistem perlindungan data yang sesuai dengan standar keamanan data pengguna, dan juga memberikan jaminan SLA (Service Level Agreement) yang jelas.
Permasalahan lain yang banyak dikhawatirkan oleh pengguna saat ingin memutuskan untuk beralih ke aplikasi perkantoran berbasis Cloud Computing adalah terkait kemungkinan terjadinya gangguan pada server sehingga aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik. Dengan berbagai keistimewaan dan solusi yang ditawarkan oleh aplikasi perkantoran berbasis Cloud Computing, pengguna aplikasi desktop dapat mulai mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan yang ada untuk memutuskan aplikasi perkantoran jenis mana yang lebih cocok untuk mendukung kualitas dan kenyamanannya dalam bekerja

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot